Pages


Monday, January 16, 2012

Aogashima Island, Volcano on the Volcano Island

Sebelumnya kita selalu berpikir jika Jepang hanya memiliki 4 pulau utama, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan rangkain pulau-pulau kecil Okinawa. Tetapi, pada kenyataannya, Jepang memiliki ribuan pulau dengan berbagai macam ukuran. Dalam hal ini, pulau yang akan kita bahas adalah salah satu pulau milik Negara Jepang juga, yaitu pulau Aogashima!

Aogashima adalah pulau yang berbentuk stratovulcano, yang merupakan rangkaian dari kepulauan Izu, terletak 300km dari selatan Tokyo, dan berada di laut Filipina. Ukuran pulau ini sendiri tidak cukup besar, yaitu memiliki panjang 3,5km, dan lebar maksimum 2,5km. Daya tarik Aogashima sendiri adalah keanehan dari keadaan geologisnya, yaitu double volcano . Penjelasan double volcano ini adalah, dimana pulau ini sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif, dan yang satunya lagi adalah gunung berapi kecil yang terletak di dalam pulau ini. Sekitar 200 orang tinggal di pulau ini, walaupun... mereka semua tahu bahwa gunung berapi ini masih aktif.




 

Seperti yang dapat Anda bayangkan, bagaimana keadaan pulau ini, yang hanya ditinggali 200 orang, dimana pulau ini hanya memiliki 1 kantor pos, dan 1 sekolah. Ada 2 akses menuju pulau ini, yaitu dengan menggunakan helikopter atau menggunakan kapal. Hanya ada satu pelabuhan kecil di pulau ini, dimana kapal-kapal bisa masuk dan keluar.



 

Gunung berapi utama di pulau ini memiliki lubang yang mengeluarkan uap panasa di salah satu sisinya. Dan uap ini sangat panas, hingga kemudian masyarakat pulau ini gunakan untuk sumber panas dari sauna umum, dimana sauna ini sangat berfungsi sebagai sarana untuk bersantai setelah sehari penuh kita menyusuri pulau ini.





Karena terpencilnya pulau ini, jadi memang tidak banyak yang dapat kita lakukan disini. daya tarik pulau ini memang adalah keindahan alamnya. Selain memiliki double volcano, pulau ini juga memiliki keindahan alam lainnya. Anda bisa berkeliling menyusuri pulau ini, kemudian mengakhiri perjalanan Anda dengan berendam di sauna, sambil menikmati pemandangan alam yang menawan.

 



Seperti biasa, artikel tentang Aogashima ini, saya buat sendiri dengan menerjemahkan berbagai sumber dari luar, dan dijamin No Repost deh..^^







8 comments:

  1. thank u...:) diFollow donk bLog saya kalo emg menarik..hhe,

    ReplyDelete
  2. wiiih,.. artikel2 di blognya bagus2 neng,... sundul ah, sama2 semarang,hhe... :DD

    ReplyDelete
  3. Wah makasi ne :) keep reading my blog y..

    ReplyDelete
  4. salam kenal,,, jangan lupa berkunjung balik....

    ReplyDelete
  5. Nice post, nice blog.
    Thanks udah mau sharing :)

    ReplyDelete
  6. sama-sama orang semarang juga. Salam kenal ya CyntiA :D

    ReplyDelete