Pages

Saturday, May 21, 2011

Valhalla, Rumah Para Dewa Nordik

Dalam mitologi Nordik, Valhalla dikenal sebagai rumah para Dewa Nordik dan rumah untuk Dewa Odin, ayah dari Thor ( Dewa Petir ). Konon, tempat ini dipercaya sebagai tempat bagi setiap prajurit yang mati dalam pertarungan guna mempersiapkan diri menuju surga. Oleh sebab itu, Valhalla disebut-sebut juga sebagai surga para prajurit yang gugur di medan tempur.

Dalam kepercayaan suku Nordik, jikaada prajurit baru yang meninggal, ia akan dimasukkan ke dalam sebuah tempat yang bernama Valhalla, yang artinya adalah surga bagi para prajurit dan bangsawan.. Valhalla diyakini berada di sebuah daerah bernama Asgard di Islandia.



Seorang penulis asal Islandia, Snorri Sturluson, mengatakan bahwa Valhalla ditemukan pertama kali dalam tulisan prosa dan puisi Edda yang ditulis pada abad ke-13. namun, puisi-puisi itu didasarkan pada puisi Skaldic, yang usianya jauh lebih tua daripada Edda.

Menurut legenda, Asgard hancur dan tenggelam ke dalam laut saat masyarakat yang mendiaminya terlibat pertempuran dengan suku lain yang bernama Ragnarok.


11 comments:

  1. kalau gak salah Ragnarok adalah perang antara Odin dan para dewa+ksatria melawan para raksasa deh...

    ReplyDelete
  2. iya.. koq kontak fb u gk isa sih??

    ReplyDelete
  3. thank you..kalo mau nambahin ceritanya boleh koq..:)

    ReplyDelete
  4. lumayan nambah wawasan nii.. nice

    ReplyDelete
  5. Klo cerita tentang Valkyrie ada gak....

    ReplyDelete
  6. Baru mendalami nih. Kayaknya seru ya. Hehe. Garagara band heavymetal manowar. Jadi pengen tau. Apasih yg ada di dalam lagunya. Sampe minat baca tentang mitologi nordik. Hehe

    ReplyDelete
  7. Baru mendalami nih. Kayaknya seru ya. Hehe. Garagara band heavymetal manowar. Jadi pengen tau. Apasih yg ada di dalam lagunya. Sampe minat baca tentang mitologi nordik. Hehe

    ReplyDelete