Pages


Sunday, December 25, 2011

Cave of Swallows, Gua Dengan Poros Terbesar Di Dunia, Setting Place of Sanctum Movie

Siapa di antara para pembaca yang pernah melihat film Sanctum 3D? Film garapan James Cameron, yang juga merupakan sutradara dari fim Titanic. Jika Anda pernah melihatnya..Ya, inilah tempat syuting dari film tersebut. Memang di film itu disebutkan jika penjelajahan dilakukan di Esa'Ala cave, Papua Nugini. Namun, tempat syuting yang sebenarnya adalah di tempat ini, Cave of Swallow, Meksiko. Tetapi saya tekankan sekali lagi, bukan berarti keberadaan gua Esa'Ala adalah fiksi atau bohong semata, tempat itu juga nyata, hanya saja karena pembuat film Sanctum berpendapat jika terlalu berbahaya untuk syuting di tempat tersebut, jadilah Cave of Swallow ini sebagai alternatifnya, yang tentunya gak kalah keren deh pokoknya. Silakan simak ringkasan yang saya buat sendiri mengenai Cave of Swallow dari beberapa sumber situs dari luar.







Cave of Swallows, adalah keajaiban alam terdalam di dunia, yang terletak di kota Aquismon, yang beribu kota di San Luis Potosi, Meksiko. Kedalaman dari atas lubang gua ini sekitar 376 m, dimana sebuah menara Eiffel bisa diletakkan di dalamnya. Dan bagian atasnya memiliki diameter kurang lebih sekitar 60 m, berbentuk elips, dan diameter bagian dasarnya sekitar 300 m. Dimana Cave of swallow memiliki karakteristik bentuk kerucut, dimana bagian bawahnya lebih lebar daripada atasnya.

 



Nama "swallow", yang artinya adalah burung layang-layang, diambil karena memang gua ini menjadi habitat dari para burung layang-layang. Dimana terjadi fenomena unik setiap harinya, yaitu saat ratusan burung layang-layang terbang dari dasar gua ini menuju langit dan perjalanannya ke sebuah daerah bernama Huasteca, kemudian burung-burung tersebut akan kembali ke gua tersebut pada malam harinya, mengindikasikan jika 1 hari telah berlalu untuk para burung-burung tersebut. Selain itu juga Anda menemukan beo khusus yang hidup di gua, dimana penduduk lokal menamainya Cotorras de la cueva ( beo gua).

Gua ini ditemukan pada tahun 1976 oleh team Ornotologi, dari Universitas Texas, yang sedang melakukan penelitian tentang burung di daerah potosina Huasteca. Dan saat ini, sarang dari para burung layang-layang ini sangat disukai para pemanjat tebing dan penerjun bebas. Hal ini menjadikan Cave of Swallows menjadi salah satu objek keajaiban alam yang sangat dilindungi di Meksiko.

Mau tahu lebih jauh lagi mengenai isi dalam lubang gua terbesar di dunia ini..? Langsung aja deh liat film Sanctum..:)




5 comments:

  1. wah aku penasaran banget ama tempat ni film , baru tau kalo meksiko:)

    ReplyDelete
  2. keren film nya..., tempatnya juga keren.

    ReplyDelete
  3. Filmnya luar biasa bagus. Bagi yg belum nonton, wajib di tonton.

    ReplyDelete
  4. gua bikin subtitling untuk film itu

    ReplyDelete