Pages


Thursday, December 29, 2011

Han Soon Dong Cave, Gua Terbesar Di Dunia

Gua Han Soon Dong, yang berarti gua sungai gunung, adalah gua yang terletak di dalam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, daerah Bo Trach, Provinsi Quang Binch, Vietnam. Gua ini terletak dekat perbatasan Laos-Vietnam (17°27'25.88"N 106°17'15.36"E). Gua ini juga memiliki sungai di dasar tanah yang besar dan airnya mengalir dengan cepat.

Gua ini ditemukan oleh seorang penduduk lokal bernama Ho-Khanh di tahun 1991. Tetapi Ho-Khanh terlalu takut untuk mendekatinya, karena dari gua itu terdengar suara seperti siulan yang berasal dari sungai bawah tanahnya tersebut. Hingga pada tahun 2009, gua ini diketahui masyarakat luas ketika sebuah grup peneliti gua dari Inggris, bernama British Cave Research Association, yang diketuai oleh Howard dan Deb Limbert, mengadakan penelitian di Phong Nha-Ke Bang tanggal 14 Oktober 2009. Sayangnya penelitian mereka harus berhenti ketika setelah perjalanan mereka sepanjang 2,5 mil itu terhalang oleh tembok kalsit yang sangat besar dan berlumpur, setinggi 200 kaki, dimana mereka beri nama "The Great Wall of Vietnam".





Menurut Limbert, gua ini 5x lebih besar daripada gua Phong Nha, yang sebelumnya dinyatakan sebagai gua terbesar di Vietnam. Gua ini panjangnya lebih dari 9 km, tingginya 200m, dan lebarnya 150m. Diperkirakan gua ini terbentuk 2-5 juta tahun yang lalu karena air sungai yang mengikis batu kapur yang terletak di bawah gunung Annamite, dimana batuan kapur itu merapuh dan langit-langitnya membentuk atap yang sangat besar.






Dengan dimensi ruangan seperti ini, Son Doong mengalahkan gua Deer di Malaysia yang sebelumnya dinyatakan sebagai gua terbesar di dunia (dimana lebarnya 90m, tingginya 100m, dan panjangnya 2km). Gua Soon Dong diklarifikasikan sebagai gua terbesar di dunia oleh BCRA (British Cave Research Association) dan terpilih sebagai salah satu gua terindah di dunia oleh BBC news. Tim dari Inggris ini juga menganjurkan kepada penduduk lokal setempat agar tidak menjadikan gua Soon Dong ini sebagai objek pariwisata untuk tetap menjaga keindahan dan kealamian tempat ini.


Mari kita menikmati sedikit tour ke Gua Han Soon Dong ini dengan video virtual dari youtube, sambil kita menilik struktur dari gua terbesar di dunia ini :)












No comments:

Post a Comment