Pages

Friday, February 11, 2011

Wisata Mengerikan ke Chu Ci Tunnel



Apakah Anda bosan dengan wisata yang gitu2 aja?? Apakah Anda ingin melakukan sebuah wisata yang menantang? Kali ini akan saya bawa Anda ke sebuah tempat wisata yang mengerikan, tapi bukan karena tempat ini berhantu melainkan karena tempat ini memiliki banyak perangkap untuk manusia seperti di film2 thriller. . . (hii...mengerikan..)

Sebuah perjalanan ke Cu Chi Tunnels (dibaca : Ku Ci Tunnel) adalah aneh, dan dalam beberapa hal, pengalaman sangat emosional. Di sini mungkin penasaran merangkak menyusuri terowongan kecil yang menyisir lantai hutan, menonton animasi boneka menghidupkan kembali kehidupan sehari-hari selama Perang Vietnam, dan memeriksa beberapa jebakan yang cukup brutal, anehnya, semua disajikan oleh pemandu ceria dan antusias. Sekarang taman peringatan perang, panjang 120 km Cu Chi Tunnel jaringan yang pernah digunakan oleh pejuang Vietkong selama Perang Vietnam dan berfungsi sebagai dasar usaha untuk Serangan Tet pada tahun 1968. Saat ini, museum menciptakan kembali tempat tinggal, teknik pertempuran, dan tempat-tempat bersembunyi yang memungkinkan pasukan Vietkong untuk menahan tahun pertempuran dengan musuh teknologi yang lebih tinggi. Untuk Barat, melihat pengalaman perang dari perspektif lain melemparkan cahaya yang sangat pemikiran pada perang dan pola pikir dari Vietnam modern.

Tempat ini merupakan tempat bersejarah bangsa Vietnam yang berupa terowongan – terowongan kecil yang dahulu digunakan oleh Vietcong dan Vietmin (Vietcong adalah julukan yang diberikan kepada tentara Vietnam yang memerangi Amerika di Vietnam Selatan sedangkan Vietmin adalah mereka yang memerangi tentara Perancis di Vietnam Utara). Mendengar nama terowongan ini segera pikiran saya melayang balik ke sekitar tahun 1990-an dimana pada saat itu ada serial televisi “Tour of Duty” yang menceritakan tentang perang Vietnam antara tentara Amerika dengan para Vietcong. Masih sangat jelas terekam bagaimana penggambaran film tersebut mengenai para Vietcong ini dan segera saja Saya tertarik untuk mengunjungi tempat bersejarah tersebut. 

Patriotic Movie dan Amazing Tunnels
Sebelum kita menuju terowongan – terowongan utama milik Vietcong kita terlebih dahulu di ajak untuk menonton sebuah film documenter yang menceritakan kegigihan para pejuang Vietcong baik wanita dan pria. Sekilas film ini mengingatkan saya pada film G30S PKI yang pada tahun 1990-an setiap tahun diputar di televise nasional kita. Penggambaran pada film ini juga sangat berbeda dengan film – film “patriotis” perang Vietnam produksi Holywood seperti Tour of Duty dan Rambo dimana pada umumnya film-film tersebut mengisahkan kemenangan dan keberhasilan para tentara Amerika dalam berperang melawan Vietcong. Pada film documenter yang judulnya pun saya tidak ingat dikisahkan perjuangan dan kegigihan para pejuang wanita Vietcong yang berhasil menghancurkan banyak Tank Amerika dan menewaskan banyak tentaranya. 
Sebelum film diputar, pemandu wisata menjelaskan terlebih dahulu mengenai sejarah perang Vietnam dan Chu Chi Tunnel. Menurut penjelasannya, Chu Chi Tunnel adalah kumpulan terowongan yang saling berhubungan satu sama lain dan pada awalnya dibangun oleh tentara Vietmin (yaitu mereka yang berjuang melawan Perancis). Terowongan – terowongan ini di gunakan untuk tempat perlindungan sekaligus sarana untuk menyerang kantong – kantong militer Amerika. Panjang terowongan – terowongan tersebut mencapai 250 km membentang dari provinsi Chu Chi sampai ke pinggiran sungai Mekong yang sudah sangat dekat dengan Saigon atau yang sekarang dikenal dengan nama Ho Chi Minh.
Yang menarik dari penjelasan sang guide adalah bahwa terowongan – terowongan ini dibangun dengan desain yang sangat menakjubkan dimana setiap terowongan memiliki ruangan – ruangan layaknya sebuah rumah seperti ruang istirahat, ruang makan dan dapur. Terowongan ini pun sengaja di buat dengan ukuran yang sangat kecil dengan tujuan agar tentara Amerika yang berbadan tinggi besar tidak dapat masuk. Di dalam terowongan pun banyak terdapat jebakan yang berbentuk tombak – tombak tajam sebagai antisipasi apabila tentara Amerika berhasil masuk ke dalam.
Setelah menonton film, kami pun diajak untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk terowongan – terowongan tersebut. Pertama, kami di bawa masuk kedalam hutan dan berhenti di suatu tempat. Secara kasat mata, yang kita lihat hanyalah rumput – rumput hutan tetapi tanpa diduga seorang petugas penjaga keamanan datang dan menyibak rumput – rumput hutan tersebut dan mengangkat sebongkah tanah dan ternyata ada sebuah pintu masuk ke dalam terowongan yang berukuran sangat kecil.

Perfect “Boogie” Trap
Kekaguman wisatawan tidak berhenti sampai disitu. Setelah melihat “atraksi” penjaga tadi yang dengan mudah memasukkan dirinya kedalam terowongan yang sangat kecil tersebut kami pun melanjutkan ke tempat ranjau – ranjau buatan Vietcong. Ketika kami melihat ranjau dan jebakan buatan mereka sekali lagi kami harus berdecak kagum (walaupun agak meringis ketika membayangkan bagaimana tubuh tentara Amerika yang masuk kedalam jebakan tersebut). Perangkap, ranjau, jebakan atau apapun namanya dibuat dengan sangat sempurna oleh para Vietcong sehingga konon sudah puluhan ribu tentara Amerika yang meregang nyawa di sana. 

 
 
 
Manequin, Sisa Bom dan Rongsokan Tank
Sepanjang jalan dari satu terowongan ke terowongan lain sengaja dibuat patung-patung replica dari tentara Vietcong yang bentuknya sangat mirip dengan manusia (ga kebayang kalo malam hari mereka bangun..hiiii). Kami juga ditunjukkan sisa-sisa bom Amerika yang tidak meledak mulai dari yang paling ringan sampai yang beratnya mencapai 250Kg. Saya membayangkan getaran dari bom – bom tersebut pasti tidak kalah dashyat dengan bencana gempa di Sumatera dan Jawa Barat baru – baru ini (perang memang membawa malapetaka ;( ). Di salah satu sudut hutan juga ditemukan bangkai Tank dari tahun 1970-an yang konon di hancurkan oleh para Vietcong dan dipreteli senjatanya untuk di pakai kembali.


Menjadi Vietcong
Cobalah memasuki terowongan yang ada disana. Karena secara mata telanjang terowongan tersebut cukup besar maka wisatawan dengan “gagah berani” melangkah masuk. Ternyata setelah sampai didalam, terowongan ini jauh lebih kecil dan terdiri dari dua “lantai” yaitu di dalam terowongan kecil terdapat terowongan lagi yang lebih dalam dan kecil. Begitu memasuki terowongang langsung terasa pengap dan rasanya sulit untuk bernapas. Wisatawan yang pada awalnya tidak diberikan “peringatan” sedikitpun mengenai kondisi terowongan menjadi sedikit panik walaupun kami berusaha tenang dan terus merangkak di dalam terowongan. Panjang terowongan yang harus kami lewati sekitar 40 M tetapi karena suasana yang pengap membuat kami merasa telah menempuh ratusan meter. Tidak dapat dibayangkan dahulu para Vietcong hidup didalam terowongan – terowongan seperti ini selama bertahun – tahun.


Menjelajahi Terowongan Cu Chi ternyata menjadi salah satu petualangan wisatawan yang paling mengesankan di Vietnam. Meskipun pada waktu itu, pengalaman yang menggelisahkan, itu juga menarik, menyenangkan, dan salah satu cara terbaik untuk memulai menjelajahi sejarah Perang Vietnam dan budaya. Terowongan tetap hari ini sebagai simbol dari ketekunan dan tekad bahwa orang-orang Vietnam bekerja melawan musuh teknologi yang lebih tinggi di salah satu battlegrounds paling terkenal dari Perang Vietnam.

6 comments:

  1. kayaknya cukup mengerikan sih..tapi ok juga buat nambah wawasan..hehehe..^^

    ReplyDelete
  2. tenkyu...^^ main ksana donk klo ad rejeki..hhe, wisata thriller...

    ReplyDelete
  3. taqut ah,, nanti kalo kecepit gmn donk ?

    ReplyDelete
  4. ya.. iy c..hhe,, ati2lah.. it maybe little bit dangerous

    ReplyDelete