Pages

Wednesday, February 23, 2011

Keajaiban Alam Yang Terlihat Seperti Dunia Fiksi Di Taman Nasional Plitvice Lakes

Semua orang Kroasia selama bertahun-tahun selalu membicarakan tentang keindahan alam tanah air mereka. Kebanyakan orang juga mengangguk setuju. Keindahan alam dan kemegahan alam memang terdapat di mana-mana. Planet kita adalah sebuah tempat yang indah dan memiliki keindahan alam yang tiada tara seperti yang terdapat di Plitvice Lakes National Park di Kroasia.

Plitvice Lakes National Park dijadikan status Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979. Keindahan Taman Nasional yang di dalamnya terdapat enam belas danau ini, dihubungkan oleh serangkaian air terjun yang sangat indah, dan di dalam hutannya dihuni oleh rusa, beruang, serigala, babi hutan dan jenis burung langka lainnya.

Taman Nasional ini total luasnya adalah 300 kilometer persegi (116 mil persegi). Enam belas danaunya dipisahkan menjadi cluster atas dan bawah oleh aliran air dari pegunungan, yang turun dari ketinggian 636 meter (2.087 kaki) untuk 503 meter (1.650 kaki) dengan jarak sekitar delapan km (5 mil), selaras dalam arah selatan-utara. Danau-danaunya meliputi area seluas sekitar dua km persegi, dimana aliran air dari danau terendahnya membentuk aliran untuk Sungai Korana.


Danaunya terkenal dengan warna khas mereka, mulai dari biru menjadi hijau, abu-abu atau biru. Warna-warna berubah terus tergantung pada jumlah mineral atau organisme dalam air dan sudut sinar matahari.

Ada juga cukup perbedaan ketinggian - titik tertinggi berada pada 1.280 meter (4.200 kaki), terendah di 380 meter (1.247 kaki) - meskipun perbedaan tinggi total antara danau itu sendiri hanya 135 meter (443 kaki). Veliki Slap adalah air terjun terbesarnya, dengan tinggi 70 meter (230 kaki). 

Sejarah Singkat  
Danau Plitvice telah menjadi objek wisata utama di akhir abad 19. Hotel pertama dibangun di sana pada 1896, dan pada awal 1893 sudah memiliki komite konservasi - pendahulu otoritas taman nasional saat ini. Pada tahun 1949 pemerintah komunis Yugoslavia menasionalisasi danau dan membuat mereka menjadi taman nasional. Taman ini tertulis di Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979 dan mendapat pengakuan sebagai "keindahan alam yang luar biasa, dan produksi di tempat tersebut tidak terganggu dari travertine (tuff) melalui tindakan kimia dan biologi".


 
Taman ini segera menjadi salah satu atraksi paling populer wisata di Yugoslavia. Namun, pada bulan Maret 1991 Danau Plitvice menjadi tempat kejadian konfrontasi bersenjata pertama dari Perang Kemerdekaan Kroasia yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Selama konflik taman tersebut mengalami beberapa kerusakan, dimana hotel dan fasilitas lainnya yang digunakan sebagai barak. Pada auto-kamp Grabovac ada kematian warga sipil (tiga anak) dari sebuah shell Angkatan Darat Yugoslavia pada September 1991. Taman ini direbut kembali oleh Tentara Kroasia pada bulan Agustus 1995 selama Operasi Badai, yang mengakhiri perang Kroasia.

 
map guidenya







 

 

No comments:

Post a Comment