Pages

Monday, February 21, 2011

Titans, Para Pendahulu Dewa-Dewa Olympus

Dalam mitologi Yunani, para Titan adalah ras dewa yang kuat, keturunan dari Gaia dan Uranus, yang memerintah pada masa Golden Age. Bagi yang belum kenal Gaia dan Uranus, saya perkenalkan sedikit ya..:)
Gaia itu neneknya Zeus yang merupakan anak dari Kronos. Nah..Gaia atau sering disebut juga Mother of Earth, juga Uranus adalah dewa Olympus pertama, yah..istilahnya ya kayak Adam dan Hawa-nya dewa-dewa Olympuslah.hehehe,,
Pada generasi pertama dari dua belas Titans, laki-laki adalah Oceanus, Hyperion, Coeus, Cronus, Crius dan Iapetus dan wanitanya adalah Mnemosyne, Tethys, Theia, Phoebe, Rhea dan Themis. Generasi kedua Titans terdiri dari anak-anak Hyperion yaitu Eos, Helios, dan Selene; putri Coeus yaitu Leto dan Asteria; putra Iapetus yaitu Atlas, Prometheus, Epimetheus, dan Menoetius; putri Oceanus yaitu Metis; dan anak Crius yaitu Astraeus, Pallas, dan Perses. Aigaios yang merupakan Titan Lautan Badai itu disebutkankan juga sebagai Titan, tetapi tidak diikutkan antara dua belas tersebut.
Peran Titans sebagai Dewa Generasi Pendahulu atau Tua istilahnya..hhe... digulingkan oleh ras dewa muda, Olimpiade, dalam Titanomachy ("War of the Titans") yang berpengaruh pergeseran paradigma mitologis bahwa Yunani mungkin telah meminjam dari Timur Dekat Kuno.

Beberapa penggambaran dari para Titans :
Inilah mbah2annya para dewa2 Olympus..Gaia & Uranus

Anak2 mereka ( Para Titan ) :

Oceanus

Cronus

Rhea
Mnemosyne

Wah..penggambaran dewa2 disini bentuknya bagus2 yah? apalgi yang ceweknya..hhe,
tapi beda bgt deh kalo pas saya main God Of War ( game PS2 ), disana bentuknya Gaia nyeremin bgt udah kayak manusia batu yang super gede gitu, begitu juga penggambaran dari Cronus. Tapi...mana yang benar saya juga gak tau deh...hhe...yang 1 hanya game, yg 1 lagi hanyalah sebuah mitologi :)

No comments:

Post a Comment