Pages

Monday, February 21, 2011

Asal usul Zeus, raja para dewa

 Zeus adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani. Dalam Theogonia karya Hesiodos, Zeus disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia". Dalam romawi kuno, juga dikenal sebagai Jupiter. Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus adalah dewa langit dan petir. Simbolnya adalah petir, elang, banteng, dan pohon ek. Zeus sering digambarkan oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya. Zeus juga dikenal di Romawi Kuno dan India kuno. Dalam bahasa Latin disebut Iopiter sedangkan dalam bahasa Sansekerta disebut Dyaus-pita.
Zeus adalah anak dari Kronos dan Rea, dan merupakan yang termuda di antara saudara-saudaranya. Zeus menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi dewi penikahan. Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. Anak-anaknya antara lain Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hefaistos, Persefon, Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, dan Mousai.
Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi dewa penguasa lautan, dan Hades yang menjadi dewa penguasa dunia bawah (alam kematian). Pendapat lain mengatakan bahwa pembagian tersebut dilakukan berdasarkan undian yang dilakukan tiga dewa tersebut.

 Birth of Zeus

Kronos memperoleh beberapa anak dari istrinya, Rea, yaitu Hestia, Demeter, Hera, Hades, dan Poseidon. Tetapi Kronos menelan semua anak-anaknya begitu mereka lahir karena Kronos takut pada ramalan bahwa kekuasaannya akan digulingkan oleh keturunannya seperti dia merebut kekuasaan dari ayahnya (Uranus). Namun ketika Zeus lahir, Rhea menyembunyikannya di Kreta agar tidak ditelan Kronos. Rhea memberikan sebuah batu terbungkus kain pada Kronos dan mengatakan bahwa itu adalah anaknya. Kronos mempercayai Rhea dan menelan batu yang dia kira anaknya tersebut.
Setelah dewasa, Zeus berhasil membuat Kronos memuntahkan saudara-saudaranya. Zeus lalu membebaskan para Gigant, Hekatonkhire dan Kiklops dari Tartaros setelah membunuh Kampe, penjaga Tartaros. Para Kiklops pun membuatkan petir untuk Zeus. Bersama saudara dan sekutunya, Zeus memerangi para Titan dalam Titanomakhia. Para Titan yang kalah lalu dikurung di Tartaros sementara Atlas diharuskan memikul langit di pundaknya.

Setelah mengalahkan para Titan, Zeus melakukan undian dengan Poseidon dan Hades. Zeus memperoleh langit, Poseidon lautan, dan Hades dunia bawah, sedangkan bumi diatur oleh semua dewa.
Gaia marah karena Zeus mengurung para Titan. Gaia pun mengirim anak-anaknya yang lain untuk melawan para dewa Olimpus. Para dewa Olimmpus harus menghadapi monster Tifon dan Ekhidna. Zeus berhasil mengurung Tifon di bawah sebuah gunung dan membiarkan Ekhidna serta anak-anaknya hidup sebagai ujian bagi para pahlawan.

Women of Zeus ( Love story between Zeus & Hera )


Zeus adalah saudara sekaligus suami Hera. Zeus menyukai Hera tetapi Hera selalu menolaknya, karena itu Zeus menggunakan tipu muslihat untuk mendapatkan Hera. Zeus mengubah dirinya menjadi burung tekukur. Ketika Hera melihat burung tersebut, dia mendekatkan burung tersebut ke dadanya, saat itulah Zeus berubah kembali dan memperkosa Hera. Untuk menutupi rasa malunya, Hera pun menikahi Zeus. Dari Hera, Zeus menjadi ayah dari Ares, Hebe, Hefaistos, Eileithiia dan Eris. Hera sangat marah terhadap perempuan yang menjadi wanita selingkuhan Zeus dan dia memusuhi wanita-wanita tersebut termasuk juga anak-anak mereka.

Zeus's Family

Dari istri yang juga berasal dari kalangan para Dewa
Mother
Children
Aegipan
  1. Moirae (Fates)*
    1. Atropos
    2. Clotho
    3. Lachesis
  1. Persephone
  2. Zagreus
  1. Ersa
  2. Carae
  1. Limos (aka Limus)
Gaia
  1. Orion
  2. Manes father of Atys
  1. Ares
  2. Eileithyia
  3. Eris
  4. Hebe
  1. Apollo
  2. Artemis
  1. Hermes
  1. Athena
  1. Muses (Original three)
    1. Aoide
    2. Melete
    3. Mneme
  2. Muses (Later nine)
    1. Calliope
    2. Clio
    3. Erato
    4. Euterpe
    5. Melpomene
    6. Polyhymnia
    7. Terpsichore
    8. Thalia
    9. Urania
  1. Zagreus
  2. Melinoe
  1. Ersa
  2. Nemean Lion
  3. Pandia
  1. Astraea
  2. Nymphs of Eridanos
  3. Nemesis
  4. Horae
    1. First Generation
      1. Auxo
      2. Carpo
      3. Thallo
    2. Second Generation
      1. Dike
      2. Eirene
      3. Eunomia
    3. Third generation
      1. Pherusa
      2. Euporie
      3. Orthosie
  5. Moirae (Fates)*
    1. Atropos
    2. Clotho
    3. Lachesis

Dari istri yang merupakan manusia biasa
Mother
Children
  1. Amphion
  2. Zethus
  1. Tityos
  1. Dardanus
  2. Iasion
  3. Harmonia
  1. Minos
  2. Rhadamanthys
  3. Sarpedon
  1. Aglaea
  2. Euphrosyne
  3. Thalia
  1. Kronios
  2. Spartaios
  3. Kytos
  1. Epaphus
  2. Keroessa

  1. Pollux
  2. Castor
  3. Helen of Sparta (of Troy)
  1. Argus
  2. Pelasgus
  1. Balius
  2. Xanthus
Unknown mother
Unknown mother
Unknown mother

Begitulah sepenggal kisah dari Zeus, saya membuat label khusus Greek mythology karena memang saya suka semua yang berhubungan dengan mitologi Yunani..^^ keren semua soalnya...
Nantikan kisah dewa-dewa lainnya yang lebih seru ya.. only on my bLog!

3 comments:

  1. ih para dewa tingkah lakunya kyk setan !

    ReplyDelete
  2. haha...byasa gan.. gak dewa gak manusia pada doyan poligami...XD

    ReplyDelete