Pages

Wednesday, January 12, 2011

WaLking CatFish, Lele yg bS berJaLan di Daratan

Siapa sih yang gak tahu binatang yg 1 ini?? Biasanyakan di Indonesia digoreng, dimakan pake sambal, rasanyapun enak. Tapi apakah Anda tahu jika lele jg bisa berjalan di jalanan seperti yang terlihat pada foto-foto berikut ini?








Lele yang bisa berjalan ini bernama Clarias batrachus, yang merupakan lele yang bisa bernafas menghirup udara segar. Ikan ini biasa ditemukan di daerah Asia Tenggara. Ikan ini memiliki kemampuan utuk berjalan di daratan untuk mencari makanan. Tapi tetap saja yang dimaksud berjalan disini bukanlah "jalan yg benar2 jalan". Dia hanya berjalan seperti yang ular lakukan. Ikan ini biasanya hidup di kolam yang tenang, rawa-rawa, ataupun sungai, khususnya Sungai Mekong dan Chao Praya.

Ikan ini biasanya berukuran kira2 30cm, dan berwarna abu-abu. Katanya sih.. ikan ini bisa hidup di luar air karena kulitnya dilindungi oleh mucus. Apa itu mucus? Saya jg kurang tahu..hhe, mungkin kalo ada yg bs bantu saya kasi tau bs komen di bawah artikel ini..:D

Oia, di Thailand lele jenis ini dikenal dengan nama Pla Duk Dan, harganya murah, dan biasanya dikonsumsi manusia dengan cara dibuat BBQ atau digoreng.

wah...kasian juga lele yg 1 ini.. mungkin ada yg berniat dijadikan binatang peliharaan??

No comments:

Post a Comment