Pages

Saturday, January 29, 2011

Amazing Turkey, Lihat keinDahan dan peninggaLan berSejarah di Turki yuk..

Siapa sih yang gak tau negara yang 1 ini?? Ini adalah satu-satunya negara yang berada dalam 2 benua, Asia dan Eropa. Wow...Keren yah??

Sebelumnya... Yuk mari kita kenalan dengan si Turki ini dulu...
Negara yang menempati area sebesar 780580 km persegi ini dibangun pada tahun 1923 oleh Ataturk. Beribukota di Ankara, dan memiliki populasi sekitar 71 juta. 98% penduduk Turki adalah Muslim loh.. dan 2% sisanya adalah Orthodox, Katholik, Kristen, dan Yahudi. Di negara ini juga terdapat gunung Ararat yang tingginya sekitar 5165m, yang juga dipercaya sebagai tempat terdamparnya bahtera Nabi Nuh.


Turki merupakan kota favorit saya, dan andai saya udah kimpoi kelak dan pny suami, suami saya maw saya ajak bwt honeymoon kesini ah...hehehe,, habis kota ini keren banget.. dengan segala keindahan alamnya dan beberapa peninggalan masa lalunya.

Walopun saya belum pernah ke Turki aslinya nih... *ngarep mode ON
saya maw share info beberapa tempat menarik di Turki yang bisa Anda kunjungi bila berada disana. Atau..sekedar pengen2 dulu sekarang juga gpp...Xp

Ini dia beberapa tempat menarik yang ada di Turki sana. Enjoy the Amazing of Turkey!

1. Blue Mosque - Sultan Ahmet Camii - Istanbul -Turkey

Masjid Biru, Sultan Ahmet Camii adalah salah satu masjid paling indah di dunia. Namanya berasal dari ubin iznik biru yang bermandikan cahaya mulia sebagai dekorasi interiornya. Selesai pada tahun 1616 oleh Mehmet Aga, Arsitek Imperial dan merupakan salah satu mahasiswa arsitek dari Sinan besar.Bentuknya yang indah dan megah dimaksudkan untuk mencerminkan kemegahan Islam. Itu adalah Masjid Imperial tertinggi dari Kekaisaran Ottoman, yang terkenal biru dan hijau.



2. Haghia Sophia Church Museum - Istanbul - Turkey

Haghia Sophia Museum, karya besar seni Bizantium. Hal ini dibangun oleh Justinian pada abad ke-6 Masehi dan ke-3 sebagai gereja.
Pada saat itu dibangun, itu adalah gereja terbesar yang ada. Gereja ditutup oleh bangsa Latin selama perang salib ke-4 di 1204 dan banyak harta yang dibawa ke barat.
Ketika Contantinople (Istanbul) ditaklukkan oleh Sultan Ottoman, Mahmud II pada tahun 1453, bangunan itu diubah menjadi masjid.
Sejak 1936, atas perintah Ataturk bangunan itu telah dijadikan museum. Interiornya dihiasi dengan mosaik Byzantium yang indah.

 

3. Pamukkale Cotton Castle Denizli Turkey

Pamukkale merupakan salah satu keajaiban alam dunia. Ini adalah formasi geologi yang unik yang terbentuk lebih dari 14.000 tahun lalu. Mata air di Pamukkale dapat digunakan untuk terapi dan sejak jaman dahulu telah digunakan untuk menyembuhkan rematik, ginjal dan penyakit jantung.



4. Ephesus Efes Turkey

Efesus adalah salah satu situs yang masih berada dalam keadaan baik di kota-kota kuno di dunia yang ada sekitar pada abad 12 SM. Kota itu meripakan tempat perdagangan yang penting dan pusat keagamaan. Selama periode Romawi penduduknya kira2 mencapai 250.000.
Salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Kuil Artemis juga berada di Efesus.
Saat ini diperkirakan bahwa antara 15-20% dari kota tersebut telah digali. Beberapa diantaranya adalah Odeon, Perpustakaan Celcus, Great Theater, Commercial Agora, Blue Marble Street,  rumah bordil, dll.
 

 




5. Cappadocia Region Turkey

Salah satu keajaiban geologi dunia adalah Kapadokia, dataran tinggi di Turki Tengah pada ketinggian 3270 kaki / 1000 m. Terletak di sebuah segitiga yang dibentuk oleh tiga kota utama Kayseri, Nevsehir dan Nigde.
Sejarah Kapadokia dimulai 60 juta tahun yang lalu dari letusan 2 gunung berapi, melalui lava dan tufa. Dalam periode kemudian hujan dan angin mengikis tanah dan menciptakan lembah dan kerucut.
 



6. Ancient City of Pergamon Pergamum - Turkey

Sejarah kota mulai pada abad 8 SM ketika koloni Yunani Aeolian menetap di daerah tersebut. Kota ini didirikan pada sebuah bukit yang menghadap dataran Caicos. Selama masa pemerintahan Eumenes II di abad 2 SM, menjadi salah satu pusat kebudayaan dan intelektual pada jaman tersebut.
Dengan penemuan pergamena (perkamen) perpustakaan yang ukurannya sangat besar dibangun, perpustakaan besar Alexandria. Altar terkenal dari Zeus, Aizanoi Zeus Temple juga dibangun di sini.





7. Sardis Ruins Turkey

Sardis adalah ibukota Kerajaan Lydia. Didirikan di tepi sungai Pactolus yang terkenal. Raja Lydia Croesus (560-540 SM) yang legendaris menguasai sebagian besar Asia Minor Barat dan membuat persembahan ake kuil Delphi, Artemis dan Didyma. 
Pada abad 7 SM, Lidia menemukan koin pertama dalam sejarah. Mereka mengembangkan metode untuk mengekstrak emas dari bijih logam. Beberapa peninggalannya adalah kuil Artemis, salah satu kuil terbesar di Asia Kecil dan kompleks Gimnasium Roman. 
Sebagian dari Gimnasium telah dikonversi menjadi rumah ibadat di abad 3 SM. Sardis adalah salah satu dari Tujuh Gereja Wahyu.




8. Ancient city of Aspendus - Antalya - Turkey

Aspendus terletak di wilayah kuno Pamfilia. Menurut beberapa ahli para pemukim awal kota ini adalah bangsa Het.
Nama Aspendus berasal dari Anatolia. Koloni Yunani tiba di sini sekitar abad 13 SM dan mengambil alih permukiman yang ada. Alexander Agung mengklaim kota dari Persia dan selama periode Romawi kota tersebut adalah kota pelabuhan yang penting.
Kota ini didirikan pada puncak bukit dan menyebar ke dataran di bawahnya. Aspendus memiliki salah satu teater terbaik yang terjaga hingga saat ini dan terbesar di Turki. Dibangun pada abad ke-2.




9. Commagene Kingdom at Mt. Nemrut - Turkey

Salah satu tempat paling spektakuler di Turki terutama pada saat matahari terbenam adalah Nemrut Dagi - gunung Nemrut (berada pada ketinggian sekitar 2552m) merupakan perluasan dari pegunungan Taurus di Turki tenggara. Setelah Kekaisaran Alexander dibagi menjadi tiga, Dinasti Seleukus mendirikan kerajaan Commagene yang relatif kecil namun makmur di wilayah tersebut.
Pada 62 SM, Antiochos menjadi raja kerajaan Commagene dan mengembangkannya sebagai persimpangan jalan strategis di rute perdagangan penting antara Suriah, Mesopotamia dan Roma.
Tempat kudus yang terkenal ini dibangun oleh Antiochos I untuk dirinya sendiri sebagai monumen pemakaman. Ini adalah bukit pemakaman berbentuk kerucut dengan ketinggian 50m dan 150m diameter. Ada kepala kolosal Apollo, Zeus dan Antiochos I.





Nah...Selain situs2 bersejarah tersebut.. Turki juga masih punya tempat menarik nih.. Yaitu Pantai Aegean. Kalo saya lihat nama laut Aegean ini... jadi inget gemz favorit saya Tomb Raider! Disana ada chapter dimana kita harus bermain di laut ini dan menelusuri reruntuhan2 yang ada di dalamnya. wow...keren deh...^^


Ini dia pantainya





Sekian dulu dari saya... kalo kebanyakan mandang ni gambar jadi ngiler pengen kesana dah! Semoga infonya berkesan buat para travellers ya...:)

2 comments: