Pages


Tuesday, January 11, 2011

Mie goReng Panjang uMur

Pagi ini.. saya kelaparan, lalu lihat ada 1 bungkus mie telur di dapur. Langsung aja deh saya buat mie goreng spesial atau nama kerennya mie panjang umur. Knp sih dinamakan spt itu?
Mungkin karena ini mir biasanya muncul di acara2 ultah, dan ketika dimasak mienya itu masih panjang2, g boleh dipecah2 pas kering atau dipotong2 kalo ud basah.
Saya mau share resep mie goreng panjang umur ala saya yang barusan aja saya buat.. hmm.. gak beda2 jauh sih sama yg lainnya.. yang ini sdh saya uji coba dan semuanya bilang ketagihan...^^ hohoho..*PD

Bahan :

200 gr mie telur / 1 bungkus mie telur ( biasanya sih saya pakai mie cap atom bulan, mnrt saya itu yg plg mantap)
100 gr daging ayam
50 gr udang kupas, belah punggungnya
10 butir telur puyuh (digoreng)
1 butir telur (didadar lalu diayak-ayak)
5 buah bakso
5 batang sawi hijau (potong2)
3 sdm kecap manis
3 sdm kecap asin
2 sdt garam
1 sdm gula
1 1/2 sdt vetsin
1 sdm minyak goreng
2 sdm minyak ayam
1 sdm minyak wijen

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat :
1. Rebus mie, setelah itu campurkan dengan 2 sdm kecap manis, kemudian aduk2, sisihkan
2. Tumis bumbu halus dengan 1 sdm minyak goreng dan 2 sdm minyak ayam
3. Masukkan daging ayam dan udang, baru setelah itu bakso yang sudah dipotong-potong
4. Masukkan mie yang tadi sudah disisihkan, kemudian tambahkan lagi 1 sdm kecap manis, kecap asin, garam, gula, dan sedikit vetsin
5. Masukkan sawi hijau, dan telur puyuh yang sudah digoreng
6. Setelah semuanya masak tambahkan minyak wijen, masak sebentar kemudian matikan api

Oia, kalo mau pedes.. mie ini enak dimakan sambil menggigit cabai rawit. Apalagi kalo sempet bikin acar.. mantap deh pokoknya..

Mie goreng panjang umur ala saya sudah jd..^^ silakan dicoba..

No comments:

Post a Comment