Pages

Sunday, January 16, 2011

TenochtitLan, city ceNter of AztEc

Apakah Anda sudah pernah melihat film "Apocalypto" ? Pada film tersebut, sang tokoh utama bersama teman-temannya ditangkap oleh suku lain, kemudian digiring hingga mencapai suatu kota yang besar.  Kota tersebut adalah Tenochtitlan, ibu kota dari kerajaan Aztek. Dimana laki-laki dari suku lain dikorbankan kepada Dewa Matahari, dengan cara badannya dibelah kemudian diambil jantungnya.




  
Tenochtitlán (diucapkan [tɛ.nɔtɕ.tɪ.tɬaːn]) adalah ibukota dari kerajaan Aztec, yang dibangun di atas suatu pulau di Danau Texcoco di tempat yang sekarang menjadi Federal District di Meksiko tengah. Kota ini dihancurkan pada tahun 1520-an oleh orang Spanyol. Mexico City didirikan di atas reruntuhannya dan, pada abad-abad selanjutnya, danau Texcoco sebagian besar sudah dikeringkan.
  
Aztek
 Kaum Aztek atau Aztec adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. Dalam bahasa Nahuatl, bahasa suku Aztek, "Aztek" berarti seseorang yang berasal dari Aztlán". Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika atau Meshika atau Mexica, asal nama "Meksiko". Penggunaan nama Aztek sebagai istilah yang merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, adat, agama, dan bahasa Mexica diawali oleh Alexander von Humboldt.

  
Jatuhnya Tenochtitlan
Jatuhnya Tenochtitlan, ibukota kekaisaran Aztek, disebabkan oleh serangan faksi lokal dan conquistadorSpanyol dibawah Hernán Cortés. Beberapa pertempuran terjadi antara Aztek dan Spanyol, dan pengepungan Tenochtitlan merupakan yang terakhir, pertempuran yang menyebabkan jatuhnya Aztek dan menandai akhir dari fase pertama dari Penaklukan kekaisaran Aztek oleh Spanyol. Penaklukan Meksiko adalah bagian dari Kolonisasi Amerika oleh Spanyol

Sekarang kota tersebut sudah menjadi kota Meksiko...

2 comments:

  1. haloow acil....
    blognya bagus... ^_^
    follow back blog ku jg yak... -ta2-

    ReplyDelete
  2. waa.... ^^ thx y ud follow... eh nama blogmu ap? oc.. nnti q follow..

    ReplyDelete