Pages

Monday, January 17, 2011

Fly Geyser, feNomeNa aLam aiR maNcur paNas bUmi

Pemandangan ini nampak seperti bukan berada di bumi, bahkan seperti dari Planet Asing atau setidaknya pada sebuah film fiksi yang mahal...
Namun foto foto ini adalah sebuah Air Mancur Panas (Fly Geyser) yang banyak terdapat di planet bumi. ( Tepatnya di Nevada, AS ).
Dan disinilah letak kejutan lain! Secara efektif ini buatan manusia....

Fly Geyser yang terletak sekitar 32 km utara Gerlach di Washoe County, Nevada, Amerika. Geyser ini tidak terbentuk secara alami. Ia terbentuk akibat insiden penggalian sumur di tahun 1916. Sumurnya berfungsi dengan baik, namun sejak tahun 1960-an air di sumur itu memanas dan keluar ke atas.

Sumber mata air panas ini di temukan di tanah milik pribadi di Hualapai Valley dekat Gerlach. di lihat dari State Road 34. Anda harus mendapat ijin untuk melihat lebih dekat, kecuali Anda sudah merasa puas dengan  melihat dan memandang dari sini.



Kembali pada tahun 1916 pemilik tempat itu sedang mencari air dengan harapan untuk menciptakan tanah pertanian di daerah gurun. Mereka menemukan sumber air, ya, dan juga bekerja selama beberapa dekade. Namun, bor yang didorong turun  menembus kantong air panas bumi  dan hasilnya adalah air mancur panas, jika tidak cukup dikatakankan oleh perbuatan manusia maka dipastikan hanya atas kehendak -Nya.


Sejak tahun 60an air mancur panas telah membentuk - sekarang memiliki penampilan patung besar multi-warna. Ia duduk di atas mimbar lumpur dan kotoran. Tanaman liar hidup berkembang di sekitar kolam air hangat memberikan tampilan dunia mati bahkan ..... ( Anda sendiri yang membayangkan.. )

Kolam sedang membentuk ekosistem sendiri. Banyak ikan kecil (Ditaruh di kolam oleh beberapa tangan manusia yang tidak diketahui)  berkembang biak di kolam dan mereka menarik sejumlah burung seperti angsa, mergansers dan mallards.


Air dari air mancur panas menyembur ke angkasa secara terus menerus. The spouts dari menyemprotkan air dua meter di udara, penyemprotan tiga puluh atau lebih sekitar kolam renang dengan sumber air segar. Campuran mineral yang berbeda (yang termasuk belerang) Air mancur Panas bereaksi dengan oksigen di udara membantu menghasilkan warna indah alami.

Tampilan aneh namun indah geyser adalah karena mineral terlarut perlahan-lahan intensifikasi dan kemudian menumpuk. Hal ini menciptakan timbunan yang di atasnya menyembur air panas dan air mancur panas itu, adalah apa yang memberikan seluruh struktur ukurannya. Jika Anda menghitung gundukan itu tingginya hampir empat meter.

The multiple spouts berarti bahwa sebuah kerucut tunggal ukuran besar belum mampu mengembangkan. Namun mencari gundukan asing adalah sesuatu yang sangat luar biasa, terutama dengan segudang warna. Faktor lain dalam warna aneh gundukan itu. Kenyataan bahwa gundukkan itu ditutupi dengan ganggang termofilik yang sebagai panas mikroorganisme toleran semacam ini tumbuh subur di lingkungan panas.

Hingga kini tinggi luapan air di Fly Geyser mencapai 1,5 meter. Selain itu, di sekitar geyser muncul 40-an kolam kecil. Karena kandungan pada air geyser terdiri dari berbagai mineral, bebatuan di sekitarnya menjadi penuh warna-warni.


Walaupun beberapa organisasi telah berusaha untuk membeli tanah untuk membukanya kepada publik pemilik telah tegas menolak. Tanah tetap swasta dan dibatasi oleh pagar. Jika Anda pernah di sekitarnya maka jangan mencoba untuk melewati  jalan gerbang terkunci - di Nevada. Bisa berakibat buruk nantinya!

No comments:

Post a Comment