Pages

Friday, March 18, 2011

Capcay Tofu Dengan Saus Manis

Masak apa ya pagi ini..? Wah ternyata banyak sayur di kulkas, terus, ada tofu juga.. Dimodifikasi aja kali ya? Gimana kalau masak capcay pake tofu.. tapi kuahnya dibuat sedikit manis, jadi warna kuah yang dihasilkan nanti berwarna coklat dengan sedikit tekstur kental.

Setelah jadi ternyata orang2 rumah suka lagi..^^ Kalo gitu... saya mau share resepnya aja deh, karena cara masaknya gampang banget koq... langsung aja yah,, bahan2 yang perlu disiapkan adalah...


Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih
12 butir merica bulat ( ya..kira2 segitulah kalo mau ditambah dikit jg boleh..hhe, )

Bahan lain :
4 sdm minyak goreng
1 sdm margarin
1/2 butir bawang bombay diiris-iris
1-2 buah wortel diiris bentuk lingkaran
5 batang baby kailan dikupas jadi lembaran
1 batang brokoli dipotong kecil2
( kalau mau ditambah kol boleh, yang dipotong berbentuk lembaran kecil, disini saya tidak pakai kol karena kebetulan lagi gak ad kolnya..hhe, )
daging ayam dipotong kecil2 secukupnya
4 butir bakso iris kecil2
1 buah tofu ukuran besar diiris kemudian goreng kering, tiriskan
1 buah telur didadar sambil diacak, tiriskan
1 batang daun bawang (unclang) diiris
air 300 ml

2 sdm garam
3 sdm gula
1 sdm kecap ikan
3 sdm kecap
2 sdm saus tomat
1 sdm arak putih alias cuka beras
1 sdm kaldu ayam bubuk
1 sdt penyedap rasa
1 sdm tepung sagu larutkan bersama 50ml air

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng dan mentega, kemudian tumis bumbu halus, setelah itu masukkan bawang bombay
2. Masukkan daging ayam, tumis hingga berubah warna
3. Masukkan wortel ( urutan pertama biar empuk ) bersama bakso, tumis beberapa saat, kemudian barulah masukkan brokoli, baby kailan kemudian unclang
4. Setelah itu masukkan air, kemudian bumbui dengan kecap, kecap ikan, saus tomat, gula, garam, kaldu bubuk, dan sedikit penyedap rasa jika perlu, aduk2
5. Kentalkan kuahnya dengan larutan tepung sagu
6. Masukkan telur dadar yang sudah ditiriskan, bersama tofunya, aduk hingga tercampur
7. Masukkan cuka beras di saat terakhir untuk menguatkan rasa dan aromanya, aduk2
8. Sudah siap... sajikan untuk 6 porsi kira2

Foto lainnya...:)

No comments:

Post a Comment